Liburan Ke Waduk Cirata Purwakarta Paling Indah

0
39

Luasnya yang sekitar 43 ribu hektar berada didalam kawasan tiga kabupaten hal yang demikian. Tetapi, beberapa besar areanya lebih masuk ke kawasan kabupaten Cianjur. Fungsi utama dari waduk atau bendungan Cirata yakni sebagai pembangkit listrik kekuatan air, sekalian juga menjadi regulator distribusi air ke kawasan sekitarnya. Waduk ini menahan aliran sungai Citarum, dan menyusun slot gacor hari ini danau buatan seluas 43.777 hektar lebih. Sungai Citarum memang dimanfaatkan menjadi sumber air sebagian bendungan di kawasan Jawa Barat.

Tiap danau, situ, waduk maupun bendungan di kita lazimnya merangkap juga jadi daerah liburan. Waduk Cirata Purwakarta juga sama. Waduk Cirata banyak dibuat destinasi tamasya juga. Letaknya cukup strategis dan cukup gampang di jangkau. Kecuali itu, pemandangan alam sekitarnya juga memang cantik, terutamanya disaat sunset.

Sekilas Waduk Cirata Purwakarta

Penamaan daerah ini kadang cukup membingungkan juga. Ada yang menyebutnya waduk Cirata Purwakarta, waduk Cirata Cianjur, maupun waduk Cirata Bandung. Sebenarnya sama aja kok tempatnya. Ada pemanggilan nama yang berbeda sebab memang zona waduk Cirata berada di dalam kawasan ketiga kabupaten di atas (Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta).

Btw, rekan-rekan tahu dimana kilometer 0 sungai Citarum ini? Hulu sungai Citarum berada di Situ Cisanti. Hulu sungai Citarum ini juga jadi daerah liburan lho, dan tempatnya lumayan baik. Waduk Cirata sendiri mulai beroperasi tahun 1988. Kini bendungan ini sanggup menjadikan sekitar 1008 Megawatt dengan sempurna produksi daya listrik tahunan sekitar 1428 Giga Watthour pertahun. Seiring waktu, zona bendungan ini dimanfaatkan juga sebagai daerah berwisata. Kecuali itu juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan jaring terapung.

Lokasi Waduk Cirata
Sebab luasnya, tentunya kita dapat menuju ke banyak suduk waduk ini. Tetapi lazimnya pengunjung datang ke lokasi utama yang ada di Wilayah Masakan Buangan, Kecamatan Cipeundeuy, Purwakarta.

Jalan Menuju Waduk Cirata
Lokasi Cirata berada di perlintasan utama Bandung -Jakarta. Apabila mengaplikasikan tol Cipularang dari arah Bandung, dapat keluar di pintu tol Cikalong wetan dan lanjut menuju arah Cirata.

Dari Arah Jakarta, dapat keluar di pintu tol Jatiluhur lalu menuju ke arah plered. Apabila dari Cianjur, dapat segera mengaplikasikan rute yang menelusuri waduk cirata melewati Cikalong kulon.

Peta Jalan Cirata Purwakarta
Untuk mempermudah, silahkan lihat peta waduk Cirata yang kami ambil dari google map

Tamasya Dan Masakan Khas
Di daerah ini, kita dapat merasakan suasana danau bautan yang natural, dengan panorama yang unik. Luasnya permukaan danau dihiasi dengan banyaknya daerah budidaya ikan jaring terapung. Banyak orang yang mengejar suasana sunset disini yang cantik.

Suasana yang hening dengan background panorama perbukitan yang hijau, jadi incaran utama pengunjung ke tempat sini. Anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi zona waduk. Lumayan asyik lho.

Di sekitar bendungan juga terdapat banyak daerah makan dan rehat. Masakan khas yang disampaikan antara lain berupa sate maranggi, sate khas dari Purwakarta. Kecuali itu juga terdapat banyak sajian ikan hasil budidaya di danau Cirata itu sendiri.

Mancing Di Waduk Cirata
Kecuali berlibur, mancing di waduk Cirata juga menjadi tenaga tarik tersendiri. Banyak orang yang hobby memancing datang ke titik-titik memancing di Cirata yang telah cukup familiar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here