Fungsi Master Rem Mobil yang Berguna untuk Menaikkan Tekanan

0
37
Fungsi master rem mobil sangat penting dalam sistem pengereman. Sehingga dengan demikian master rem mobil harus berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil harus tahu apa saja fungsi dari komponen mobil tersebut.

Master rem ini memiliki body yang berbentuk silinder dan terbuat dari bahan dasar besi. Selanjutnya akan ada tabung plastik atau reservoir tank yang berfungsi untuk menampung minyak rem. Lantas apa fungsinya?

Fungsi Master Rem Mobil Penting, Simak!

Setiap jenis kendaraan pasti akan ada sistem pengeram, tak terkecuali mobil yang terdiri atas beberapa komponen yang bekerja saling terkait.

Nah, pada sistem pengereman mobil maka pengeluaran sgp Anda juga harus tahu dan paham tentang master rem atau brake master cylinder.

Berbeda lagi dengan kampas rem atau cakram mobil, sebab komponen yang satu ini terletak pada bagian ruang mesin. Lebih tepatnya berada pada bagian firewall atau di dalam dinding pemisah antara ruang kabin dan mesin.

Selanjutnya posisi master rem juga akan selalu berdekatan dengan pengemudi yang memiliki peran sangat penting.

Hal ini karena komponen tersebut juga langsung terhubung dengan pedal rem yang letaknya berada pada bagian sisi pengemudi.

Meskipun posisinya bukan pada kaki-kaki, akan tetapi tugas master rem ini begitu penting. Karena tujuannya adalah untuk membantu kampas rem dalam menghentikan laju kendaraan mobil tersebut.

Untuk Memberikan Tekanan

Fungsi master rem mobil yang pertama ini adalah untuk memberi tekanan hidrolik pada rem dalam mengurangi laju kendaraan. Master rem ini terletak pada bagian ruang mesin atau lebih tepatnya berada pada bagian sisi pengemudi.

Brake master cylinder alias master rem ini menjadi komponen yang begitu penting dalam sistem pengereman kendaraan, tak terkecuali mobil. Memang penempatan master rem ini selalu berada pada bagian sisi pengemudi, sebab ia berdekatan dengan pedal rem.

Tidak hanya itu saja, melainkan master rem ini juga menempel pada brake booster alias booster rem yang memiliki tugas khusus. Salah satunya adalah untuk bisa memperbesar energi injakan pada pedal rem oleh si pengemudi.

Pada intinya bahwa master rem ini tidak berdiri sendiri, akan tetapi terdiri dari beberapa komponen pendukung lainnya. Mulai dari tabung reservoir sampai dengan pegas, seal, dan piston yang perannya sangat penting.

Menaikkan Tekanan

Fungsi master rem mobil selanjutnya ini adalah untuk menaikkan tekanan dari pedal rem setelah pengemudi sudah injak pedal rem. Tekanan dari pedal rem tersebut akan berubah menjadi tekanan hidrolik pada master rem.

Jika sudah maka akan digunakan untuk menekankan piston pada kaliper maupun silinder roda yang terdapat pada setiap roda.

Konstruksi master rem ini bentuknya seperti silinder dan terbuat dari bahan besi. Lalu bagian atasnya ada tabung plastik atau reservoir tank.

Fungsi dari tabung plastik ini adalah sebagai tempat penyimpanan atau menampung minyak rem. Master rem sebenarnya tak hanya ada satu jenis saja, melainkan ada dua jenis yang berbeda.

Sebut saja seperti master rem silinder tunggal dengan 1 piston serta master rem silinder ganda dengan 2 piston. Penting Anda ketahui pula bahwa posisi piston dalam master rem ini sangat penting.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Tak hanya tahu fungsi master rem mobil saja, melainkan Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja dari komponen ini. Pada dasarnya brake master akan bekerja dengan cara menekan minyak rem supaya bisa mengalir ke silinder roda.

Nah, dalam proses gaya tekanan seperti ini, maka master rem mobil akan menggunakan piston yang terdapat pada bagian dalam master rem.

Ketika si pengemudi menekan pedal rem, maka piston akan langsung memberi reaksi berupa tekanan ke silinder roda tersebut.

Pada waktu yang sama, maka kampas rem juga akan langsung bekerja untuk mencengkram kuat piringan atau tromol rem. Hingga pada akhirnya akan menghasilkan perputaran roda yang berkurang dan laju kendaraan bisa terhenti,.

Namun saat pedal rem lepas oleh pengemudi, maka piston pada bagian dalam master rem ini akan langsung kembali ke posisi semula.

Pada saat proses ini, maka minyak rem akan langsung tersedot lagi ke master rem sehingga gaya tekan ke kampas akan mengendur.

Mengingat fungsi master rem mobil sangat penting, maka dapat dipastikan bahwa kondisinya harus selalu prima. Itu artinya perawatan secara berkala pada sistem pengereman juga sangat penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here