AC Mobil Keluar Asap, Berikut Penyebab dan Solusi Mengatasinya

0
47
AC mobil keluar asap menjadi salah satu hal yang pernah pemilik mobil alami. Asap yang keluar dari AC mobil bisa membuat para pemilik panik dan khawatir. Mungkin sebagian pemilik kendaraan ini memiliki anggapan bahwa asap berasal dari api pada mesin bukan ac mobil. Tetapi, ternyata keluarnya tidak terjadi karena terdapat api dalam mesin. Keluarnya asap tersebut yaitu karena terdapat kesalahan dari AC itu sendiri.

AC Mobil Keluar Asap, Inilah Beberapa Hal yang Menjadi Penyebabnya

AC menjadi salah satu komponen mobil yang memiliki Live Draw SDY fungsi penting untuk penumpang. Dengan adanya AC dalam mobil bisa membuat rasa sejuk saat udara sedang panas.

Tetapi, terdapat beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada AC mobil. Salah satu kerusakan tersebut yaitu keluar asap dari dalam AC.

Ketika AC mulai bekerja dalam proses kondensasi yang keluar hanya uap putih saja. Udara yang keluar dari AC tidak akan dingin dan hanya seperti angin yang berhembus saja.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab AC keluar asap. Berikut ini merupakan beberapa penyebab AC mobil keluar asap umum terjadi:

1. Kotornya Evaporator

Evaporator yang kotor bisa menjadi penyebab AC keluar asap yang umum terjadi. Evaporator merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting ketika AC bekerja.

Maka dari itu, kondisi evaporator juga bisa menjadi penyebab yang sering terjadi AC keluar asap. AC yang mengeluarkan asap terjadi karena penyumbatan.

Evaporator yang terlalu lama bekerja dan jarang pemilik bersihkan akan terjadi penumpukan kotoran. Penumpukan kotoran tersebut bisa menyebabkan sumbatan dari kotoran yang menggumpal.

Kotoran bisa menggumpal seperti es karena udara dalam evaporator. Dari gumpalan yang bisa menyumbat ini ketika blower mengeluarkan udara dingin hanya ada asap putih yang keluar.

2. Kebocoran Freon AC

Penyebab AC mobil keluar asap selanjutnya yaitu telah terjadi kebocoran pada freon AC. Freon AC merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi penting. Freon merupakan zat kimia sebagai titik utama ketika proses pendinginan.

Jika terjadi kebocoran pada freon maka bisa menjadi penyebab keluarnya asap pada AC. Kebocoran freon tidak hanya bisa mengeluarkan asap putih saja, tetapi juga memungkinkan keluarnya racun. Maka dari itu sebaiknya tetap waspada apabila keluar asap pada AC mobil.

3. Macetnya Pulley

Pulley yang macet juga bisa menjadi penyebab keluar asap. Pulley merupakan komponen yang lupa bantalan dari tali kipas dalam sistem AC. Setiap bagian pulley akan memiliki bearing yang berfungsi untuk membantu tali kipas berputar.

Namun, apabila tali kipas dan pulley terus berputar bisa menjadi penyebab AC keluar asap. Hal itu terjadi karena gesekan jika piring mobil macet.

4. Udara Dingin dan Udara Panas Bersentuhan

Penyebab AC mobil keluar asap selanjutnya yaitu terjadi sentuhan dari udara dingin dan panas. Apabila terjadi sentuhan dari udara dingin dan panas bisa menyebabkan terbentuknya uap air.

Dari uap air tersebut nantinya akan menghasilkan asap yang keluar dari AC. Asap yang keluar tersebut bisa semakin parah apa benda kondisi mobil memiliki kelembaban tinggi.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Keluar Asap

Setelah anda mengetahui apa yang menjadi penyebab AC keluar asap bisa segera mengatasinya. Untuk mengatasi AC yang keluar asap Anda bisa rutin membersihkan bagian evaporator.

Sebaiknya selalu jaga evaporator supaya dalam keadaan bersih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa rutin memeriksa kondisi filter AC. Filter AC memiliki letak yang tersembunyi di balik dasbor mobil.

Dengan letak yang tersembunyi tersebut sebagian orang jarang memperhatikan kondisinya. Filter AC memiliki fungsi untuk menyaring debu dari udara dalam mobil.

Maka dari itu, kemungkinan filter AC kotor bisa semakin besar. Sebaiknya Anda selalu memeriksa dan memperhatikan filter AC supaya dalam keadaan bersih.

Anda juga bisa melakukan perawatan AC secara berkala untuk menghindari berbagai kerusakan pada komponen mobil tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here