3 Cara dan Langkah Analisis Teknikal Saham

0
12

Banyak investor saham yang melakukan jual beli saham tanpa analisis apapun. Biasanya mengikuti rekomendasi dari influencer atau orang yang dikenalnya. Pendekatan ini bisa dibilang kurang tepat karena belum tentu hasil https://www.saopauloplazamedellin.com analisanya cocok untuk portofolio setiap orang.  Sebenarnya, membeli saham berdasarkan rekomendasi itu sah-sah saja. Namun, kamu juga harus memiliki alasan mengapa pada kahirnya memilih rekomendasi tersebut.

Maka dari itu pentingnya belajar analisis saham sebelum melakukan transaksi jual beli saham. Analisis saham tentunya sangat diperlukan bagi para investor karena menjadi salah satu faktor penentu togel macau untuk mengambil tindakan saat akan transaksi pada pasar modal.  Analisis saham itu sendiri diantaranya yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental. Untuk itulah perlunya mengetahui analisis teknikal dan fundamental agar bisa menemukan saham yang bagus kinerjanya.

Cara Analisis Teknikal Saham

Ada banyak indikator analisis teknikal yang tersedia saat ini. Umumnya investor hanya menggunakan beberapa indikator analisis teknikal yang populer, lalu mengkobinasikan 2-3 indikator dalam membuat analisa.

Moving Average

Moving average adalah hasil garis yang didapat dari perhitungan harga sebelum hari ini. Teknik ini untuk menghitung pergerakan harga rata-rata dari suatu saham dalam suatu rentang waktu tertentu.  Dalam kata lain, moving average merupakan cara yang baik untuk mengukur momentum serta untuk mengkonfirmasi tren dan menentukan support dan resistance.

Relative Strength Index (RSI)

Relative Strength Index merupakan indikator teknis yang diaplikasikan dalam analisis keuangan, termasuk saham. Adapun RSI berperan sebagai parameter momentum, yakni mengukur pergerakan harga.  Peningkatan momentum menandakan saham sedang dibeli secara aktif, sedangkan penurunan mengindikasikan melemahnya tren saham bersangkutan.

Volume

Volume dalam transaksi saham merupakan indikator yang berfungsi untuk menunjukkan jumlah perdagangan atau transaksi yang terjadi dalam perdagangan di suatu sesi. Atau dengan kata lain, volume perdagangan saham menunjukkan jumlah total perpindahan uang baik yang terbeli maupun yang terjual.

Cara Analisis Fundamental Saham

Investor bisa melakukan analisis saham dengan pendekatan kondisi fundamental perusahaan dan sektor industri bisnisnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini hingga tuntas.

Kondisi Makro Perusahaan

Kebijakan ekonomi suatu negara sangat berpengaruh terhadap saham perusahaan, khususnya perubahan tinggi rendahnya suku bunga menjadi pertimbangan investor dalam berinvestasi.  Performa perusahaan juga turut mempengaruhi harga saham, jika performa bagus, harga saham naik, begitu juga sebaliknya.

Kondisi Sektor Dan Industri Bisnis

Kenaikan harga sebuah komoditi bisa berpengaruh pada kenaikan harga saham. Misalnya saja saham perusahaan pertambangan mengalami kenaikan tajam ketika harga minyak dunia meroket. Begitu juga sebaliknya.

Fundamental Perusahaan

Kondisi ini terkait pada kondisi internal atau manajemen sebuah perusahaan. Manajemen kerja dan keuangan yang stabil akan memberikan dampak positif pada pergerakan saham perusahaan.  Oleh karena itu, memastikan bahwa setiap pekerjaan dikelola oleh orang yang kompeten pada bidangnya menjadi krusial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here