PAUD Ke Sekolah Dasar Rekomendasi Untuk Batas Usia 4-6 Tahun Menurut Ainin Chabibie

0
32

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Aini Hasan Chabibie, menekankan pentingnya peran Bunda PAUD dalam memastikan pengerjaan transisi dari Pengajaran Si Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) berlangsung dengan menyenangkan dan efektif.

Pesan tersebut ia sampaikan dalam sosialisasi bertema “Peran Bunda PAUD dalam Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan” di Balai Desa Prambatan Lor, Selasa (2/7/2024).

Menurut Aini, si kecil berusia 0-8 tahun, termasuk peserta ajar PAUD sampai kelas permulaan SD, wajib dilihat secara khusus dalam hal pelajaran dan perkembangan mereka.

Aini juga menggarisbawahi bahwa pengerjaan pelajaran di SD kelas permulaan theteahousecliftonsquare.com perlu mencontoh prinsip-prinsip yang digunakan pada si kecil umur dini, seperti pelajaran yang tidak memaksakan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) secara dini.

Lebih lanjut, Aini membeberkan bahwa Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bertujuan untuk membangun enam aspek kemampuan fondasi yang diperlukan si kecil untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar baru.

Aspek-aspek yang dimaksud meliputi pengenalan skor agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosional, kematangan kognitif, keterampilan motorik, dan pemaknaan positif kepada belajar.

Untuk mendukung gerakan ini, Aini akan melaksanakan sosialisasi ke sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus. Aini mau, sosialisasi ini bisa mendukung sinergi antara PAUD dan SD dalam mewujudkan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung perkembangan si kecil secara holistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here